Bagikan ke Teman Kamu!

Sayangi Bumi dengan Menggunakan Produk Berkelanjutan

Salah satu langkah menjaga bumi adalah dengan mengurangi volume sampah, terutama sampai plastik sekali pakai yang sulit untuk terurai.

Produk plastik sekali pakai yang kita gunakan sehari-hari ternyata tersedia versi ramah lingkungannya, lho!

Nah ini dia beberapa produk berkelanjutan untuk mengurangi sampah plastik:

  • Bento untuk bekal makan siang

1 3

Bento atau tempat bekal memiliki segudang manfaat, nggak cuma buat diri sendiri seperti kebersihan makanan yang terjaga, tetapi juga berguna untuk menjaga lingkungan, yakni mengurangi volume sampah.

Pembelian makanan biasanya disertai dengan bungkus nasi, styrofoam, kotak kertas, dan tentunya plastik.

Coba bayangkan, dengan menggunakan bento saat makan siang, kamu dapat mengurangi sampah secara berkelanjutan!

  • Tas Kanvas untuk belanja

2 4

Berdasarkan data dari Greeneration Indonesia, satu orang Indonesia menghasilkan 700 sampah tas kresek setiap tahunnya. Nah, coba bayangkan betapa banyak volume sampah jika kita mengambil tindakan dari sekarang?

Menggunakan tas kanvas dapat menjadi solusi yang mudah buat kamu saat berbelanja karena dapat dilipat dan dapat menampung banyak barang

  • Ganti sedotan plastik dengan sedotan bambu atau stainless steel, yuk!

3 2

Kecil-kecil cabe rawit! Seperti itulah sampah sedotan plastik!

Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyebutkan Indonesia saat ini merupakan penghasil 93 juta ton sampah sedotan plastik per tahun.

Salah satu langkah yang dapat kita lakukan sebagai aktor SDGs ialah dengan beralih menggunakan sedotan yang dapat digunakan berulang, seperti sedotan stainless ataupun bambu.

Dengan hal ini, kita dapat turut berkontribusi dalam mengurangi volume sampah yang kian mengkhawatirkan. Sebuah langkah kecil yang nyata!

  • Belanja dengan tas kain

4 2

Masih dari sumber KLHK, volume sampah di Indonesia kebanyakan berasal dari sampah rumah tangga, yaitu 37,3% baru kemudian disusul oleh pasar tradisional yaitu 16,4% pada tahun 2020.

Nggak cuma tas kanvas, ada juga tas jaring-jaring yang cocok untuk menggantikan kantong kresek saat membeli buah dan sayur. Jangan khawatir! Tas jaring juga tersedia dengan ukuran lubang yang kecil untuk sayur atau buah yang berukuran kecil pula. Jadi, kamu tetap bisa belanja tanpa khawatir ada yang tercecer!

  • Yuk, cobain pakai pembalut kain

5 2

Untuk perempuan, menstruasi menjadi siklus yang rutin setiap bulan. Menggunakan pembalut sekali pakai dapat menyumbang 26 ton sehari di Indonesia berdasarkan data dari Sustaination. Terlebih, risiko pencemaran yang tinggi karena masa penguraiannya memerlukan 500-800 tahun untuk terurai.

Beralih menggunakan pembalut kain sangat bermanfaat sebagai langkah kecil untuk mengurangi sampah pembalut. Apakah kamu sudah mencobanya?

  • Selalu bawa botol minum

6 1

Botol minum tentu udah nggak asing lagi! Biasanya kita membawanya dari rumah untuk dibawa saat berpergian ke luar. Ada berbagai macam desain yang sesuai dengan kebutuhan, mulai dari termos untuk menyimpan minuman tetap hangat, sampai yang berbentuk gelas untuk minum boba.

Ini merupakan langkah yang patut untuk kita terus agar bumi kita tetap lestari.

 

Nah itulah beberapa barang sehari-hari yang kamu gunakan untuk menjaga bumi kita dari sampah plastik. Kalau kamu punya aspirasi untuk melindungi bumi, jangan ragu membagikannya ke kolom Aspirasiku!

 

Sumber:

https://www.bbc.com/indonesia/multimedia/2014/01/140118_galeri_foto_greeneration

https://amp.kompas.com/money/read/2022/03/07/123024426/indonesia-hasilkan-93-juta-ton-sampah-sedotan-plastik-per-tahun-ekonomi

https://eticon.co.id/tas-pengganti-plastik/

https://news.detik.com/x/detail/intermeso/20220206/Malapetaka-Sampah-Pembalut/